Senin, 17 Maret 2008

PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Lisensi Dokumen:
Copyright© 2008 hrdknowledgewebbolog.blogspot.com
Seluruh dokumen di hrdknowledgewebblog.blogspot.com dapat digunakan secara bebas tanpa harus ijin tertulis kepada pemilik untuk tujuan bukan komersial (non profit), terutama tujuan yang dapat menunjang kemajuan ilmu pengetahuan Manajemen Sumber Daya Manusia, dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis, atribut lainnya yang ada di website ini, pernyataan Copyright yang disertakan dalam setiap dokumen dan harus mencantumkan sumber, nama penulis, judul karya yang di copy paste dari website pribadi ini, dan tahun terbit karya yang di copy paste dari website ini pada daftar pustaka / bibliography / referensi dari karya tulis ilmiah yang anda buat pada media karya tulis apa pun yang anda gunakan. Tidak diperbolehkan melakukan modifikasi karya ilmiah yang ada di website pribadi ini, tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang dan melakukan copy paste untuk tujuan komersial (profit oriented), kecuali mendapatkan ijin tertulis dari hrdknowledgewebblog.blogspot.com. Untuk mendapatkan ijin tertulis silahkan anda mengirimkan surat permohonan ijin tertulis ke alamat e-mail sebagai berikut : hrwebblog@gmail.com dan pemilik website pribadi berhak mendapatkan keuntungan (profit) dengan perjanjian tertulis dari kedua belah pihak yang telah disahkan bersama. Pemilik juga membuka bagi berbagai pihak yang ingin menjadi sponsor dalam website pribadi ini bisa melakukan tranfer ke rekening sebagai berikut : BNI KANTOR CABANG UPI BANDUNG, No. Rek: 0138096310, A/N: MOHAMAD ABDUH, dimana jumlah uang yang bisa ditransfer sebesar RP 1187.500 (alamat website akan dipasang dalam website ini selama 3 tahun/ 36 bulan) atau $ 125 dengan kurs $1 = Rp 9.500,-, setelah melakukan transfer calon sponsor dapat memberikan tanda bukti dan alamat website yang ingin ditampilkan ke elamat e-mail sebagai berikut : hrwebblog@gmail.com, setelah pesan diterima oleh pemilik website pribadi ini, alamat website para calon sponsor website ini akan ditampilkan di setiap karya yang ditulis oleh pemilik website pribadi ini selama 3 tahun/36 bulan.
Terima kasih atas perhatian dan kerjasama anda.
- PENULIS : MOHAMAD ABDUH, RINA YUNIA DAN ASTIRINI
- BAHASA TULISAN : BAHASA INDONESIA
- JUDUL TULISAN : PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
- PUBLISHER : hrdknowledgewebblog.blogspot.com
- TAHUN TERBIT : MARCH, 2008

Peranan manusia sebagai sumber daya dalam organisasi semakin diyakini kepentingannya, sehingga semakin mendorong perkembangan ilmu tentang bagaimana mendayagunakan sumber daya manusia tersebut agar mencapai kondisi yang optimal.

Berbagai pendekatan manajemen dilakukan dalam mengelola sumber daya manusia tersebut, yang berkembang mengikuti perkembangan dari falsafah manajemen yang sedang dikembangkan pada masa itu.

Manajemen Sumber Daya Manusia dapat diartikan sebagai ilmu dan seni atau proses memperoleh, memajukan, atau mengembangkan, dan memelihara, Sumber Daya Manusia yang kompeten sedemikian rupa, sehingg tujuan perusahaan dapat tercapai dengan efisien dan efektif serta ada kepuasan pada diri pribadi-pribadi yang bersangkutan.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia demikian mengandung arti bahwa ruang lingkup bahsannya akan meliputi berbagai kegiatan pengelolaan sumber daya manusia sejak tahapan pengadaan sampai dengan tahapan pengembangan dan pemeliharaannya, yang dikenal sebagai fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia, dilengkapi dengan alat-alat manajemen sumber daya manusia yang dibutuhkan. Sesuai dengan tujuan pokok manajemen sumber daya manusia yaitu pendayagunaan secara optimal sumber daya manusia dalam suatu perusahaan.

Berbagai tantangan yang dihadapi Manajemen Sumber Daya Manusia tersebut pada dasarnya dapat dikelompokkan ke dalam 3 kelompok berdasarkan sumber tantangan, yaitu :
1. Tantangan yang bersumber dari Perusahaan.

Bagi suatu perusahaan, tenaga kerja yang tergabung membentuk suatu kapasitas/kekuatan kerja (work force) merupakan kekayaan (asset) yang harus didayagunkan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, seorang Manajer Sumber Daya Manusia yang bertugas untuk mengelola sumber daya manusia tersebut harus mampu merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan program-program pengadaan, pengembangan dan pemeliharaan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang bersangkutan.

2. Tantangan yang bersumber dari Tenaga Kerja.

Kekuatan kerja (work force) yang ada di dalam sutu perusahaan tentunya terdiri dari manusia-manusia yang mempunyai berbagai perbedaan, baik tipe, sikap dan pandangan. Oleh karena itu, kekuatan kerja inipun akan selalu mengalami perubahan dalam kebutuhan, sikap pandangan dan tata nilai dari manusia-manusia di dalam perusahaan. Disamping itu, seorang manajer sumber daya manusia harus mampu mengantisipasi kemungkinan terjadinya perubahan dalam tata nilai dari kekuatan kerja (value of work force) yang terjadi karena semakin meningkatnya kebutuhan individu terhadap berbagai peluang/kesempatan untuk maju, hak-hak, pengembangan karir, gaya hidup tertentu, dan berbagai perlakuan khusus lainnya, tidak hanya pekerjaan itu sendiri.

3. Tantangan yang berusmber dari masyarakat.

Tantangan yang harus dihadapi oleh manajer sumber daya manusia yang bersumber dari masyarakat pada dasarnya bertujuan untuk memperbaiki mutu kehidupan tenaga kerja dan masyarakat pada umumnya. Tantangan dari masyarakat ini diwujudkan melalui berbagai kebijaksanaan dan peraturan pemerintah dan tuntutan dari serikat pekerja (labour union). Tantangan-tantangan tersebut, antara lain :
- Memperoleh kesempatan kerja yang sama.
- Memperoleh kebebasan menyampaikan pendapat tanpa resiko kehilangan jabatan.
- Memperoleh penghasilan yang adil dan layak.
- Memperoleh jaminan bagi tenaga kerja wanita dan anak-nak.
- Memperoleh jaminan kesehatan dan keselamatan kerja.\
- Dan lain-lain.
DAFTAR KEPUSTAKAAN

Abdurrahmat Fathoni, (2006), Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan pertama, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

A.A. Anwar Prabumangkunegara, (2003), Manajemen Sumber Daaya Manusia Perusahaan, cetakan keempat, PT Rosdakarya, Bandung.

Bambang Wahyudi, (2003), Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan ke empat, C.V. Sulita, Bandung.

H. Malayu. S.P. Hasibuan, (2006), Manajemen, cetakan ke lima, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

_____, (2003), Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan kelima, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Henry Simamora, (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan pertama, STIE YKPN, Yogyakarta

Kreitner Robert dan Kinicki Angelo, (2003), yang diterjemahkan oleh Erly Suandy, Perilaku Organisasi, cetakan pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Marwansyah dan Mukaram, (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan ke sembilan, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Kreitner Robert dan Kinicki Angelo, (2003), yang diterjemahkan oleh Erly Suandy, Perilaku Organisasi, cetakan pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Marwansyah dan Mukaram, (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan ke sembilan, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Robbins.P.Stephen, (2003), yang diterjemahkan oleh Tim Indeks, Perilaku Organisasi, cetakan ke sembilan, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Sihotang, (2007), Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan pertama, Pradnya Paramita, Jakarta.

T. Hani Handoko, (2003), Manajemen Personalia Dana Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan ke tujuh belas, BFE UGM, Yogyakarta.
AA Anwar prabu Mangku Negara, 2005 Perilaku dan Budaya Organisasi, PT Refika
Aditama, Bandung.

AB. Susanto, 2002, Budaya Perusahaan dan Persaingan Bisnis, Refika Aditama, Bandung.

Alex S. Nitisemito, 2001, Manajemen Personalia, Edisi Revisi, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Djokosantoso Moeljono, 2005, Budaya Organisasi Dalam Tantangan, PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.

Eugene Mckenna & Nic Beech, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Alih Bahasa, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Erni R. Ernawan, 2004, Pengaruh Budaya Organisasi dan Orientasi Etika Terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur, Manajemen Usahawan Indonesia, Jakarta.

Gibson James L, 2002, Organisasi, Edisi Kedelapan, Jilid 1, Binarupa Aksara, Jakarta.


Moekijat, 2003, Manajemen Tenaga Kerja dan Hubungan Kerja, Pionir Jaya, Bandung.

Nunuy Nur Afiah, 1995, Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Evektifitas Pelaksanaan Sistem Informasi Akuntansi Kasus Pada Perusahaan Pos dan Giro, Tesis, Universitas Pajajaran, Bandung.

Adi, w. 1996. Perubahan Peran Manajemen Sumebr Daya Manusia di Laingkungsn ysng Berubah, Manajemen, Sept-Okt: 45-47

Almaraz, Jeanne.1994. Quality Management and The Process Of Change. Journal Of Change Management, Vol 7, No. 2, pp 6-14.

Arthur, M.B. and Resseau. (1996), “A New Career Lexicon For 21st Century”. Academy Of Maangement Executive. Vol. X, No.4, pp. 28-39.

Lina Anatan, & Lena Elitan, (2007), Manajemen Sumber Daya Manusia dalam BisnisnModern, Cetakan ke Satu.

Dave Ulrich, Human Resources Champion, Harvard Business School Press; 1st Ediiton (January 1997).

Human Capital: Nomor 08, 2004.

Majalah SWA: 16-29 November 2006, 18-31 Maret 2004, 10-23 Juni 2004, 18 November-09 Desember 2003.

Manger’s Scope: February 2007, April 2007.

Majalah Intra: September 2004.

Media Indonesia : 29 Juli 2006.

Porter M.E. (1993). Keunggulan Bersaing, Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono,F. 1997: Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Westerman,Jhon dan Pauline Donoghue, Managing The Human Resource, (alih bahasa Suparman), Jakarta, Bumi Aksara, 2003.

Tidak ada komentar: